ga('require', 'GTM-N5955P3'); TukangReview: Apa Itu EDC (Every Day Carry) Bagian 3

Wednesday, February 28, 2018

Apa Itu EDC (Every Day Carry) Bagian 3


Oke, di bagian ke 3 ini kita bakal bahas soal personal protection atau biasa di bilang bela diri.

Kalau di luar negeri contoh Amerika. Banyak sekali orang yang membawa senjata api di perlengkapan EDC nya. Senjata api boleh dibawa2 di Amerika tergantung aturan di negara bagian masing2. Tata cara bawa nya juga ada aturan. Sebelum bawa2 juga harus musti ikut training atau latihan. Pas mau beli senjata api nya juga di cek latar belakang nya.

Nah di Indonesia tidak boleh bawa2 senjata api. Apalagi bawa2 airsoft. Pokok nya ga boleh bawa2 benda yang menyerupai senjata api. Untuk bela diri di Indonesia bisa bawa semprotan merica. Soal nya kalo baton dan sodara2 nya itu kalau tidak salah udah termasuk UU darurat. Senjata pemukul.

Pisau malah lebih bahaya. Kalau pisau lipat macem swiss army masih masuk akal di bawa2. Lah kalo pisau rambo segede apaan tau jangan dibawa2. Pasti kena masalah sama polisi.


Balik lagi bahas semprotan merica / pepper spray. Ini benda cukup efektif kalau2 ada keadaan darurat. Tapi setiap semprotan merica ada expired date atau masa kadaluarsa. Jadi harus di cek juga berkala. 

Efek dari semprotan merica ini bikin mata dan hidung perih tingkat tinggi. Cara semprot nya juga harus di latih. Soal nya semprotan ini tergantung arah angin juga. Kalau angin nya lagi ke kita, ada kemungkinan malah kena ke kita. Jarak efektif nya ga jauh2 banget. Mungkin sekitar 3 meter.


Nah, soal alat bela diri udah. Sekarang saat nya bahas bela diri menggunakan badan sendiri. Bela diri disini bisa karate, muay thai, tinju, dll.

Bela diri nya terserah mau yang mana. Asal bisa melatih reflek. Jadi bela diri nya bukan kalau ketemu preman malah di tantangin. Kalo ketemu preman lebih baik teriak atau lari.

Bela diri disini adalah cara meng-counter pukulan, cekikan, dll dari pihak lawan. Kadang orang awam yang belum ahli atau belum pernah belajar bela diri pasti bingung kalau ketemu lawan / preman / keadaan darurat lain nya.

Maka nya perlu juga kita latihan bela diri apa pun jalur nya. Kita musti latih badan kita supaya tidak panik pada saat darurat.

Latihan bela diri juga bagus untuk badan. Napas lebih panjang, ga gampang sakit, disiplin.

Oke, sudah selesai akhir nya 3 bagian soal Apa Itu EDC (Every Day Carry). Next saya bakal cari2 lagi artikel berguna yang bisa saya tulis lagi.

Forum di kaskus soal alat pertahanan diri https://kask.us/hQkty
Forum di kaskus soal self defense https://kask.us/gV5jN

No comments:

Post a Comment