ga('require', 'GTM-N5955P3'); TukangReview: Apa Itu EDC (Every Day Carry) Bagian 2

Saturday, February 24, 2018

Apa Itu EDC (Every Day Carry) Bagian 2

Lanjut kebagian 2 soal Apa Itu EDC (Every Day Carry)


Tas obat. Tas obat ini sangat berguna sekali di saat darurat. Tas obat disini bisa ziplock, dll. Jadi tidak perlu harus tas obat yang besar. Kalau memang punya kendaraan, lebih baik sedia sebanyak2 nya atau secukup nya sesuai jumlah keluarga di lebihin dikit. Jadi ada tambahan kalau mau dipakai untuk orang lain.

Di dalam tas obat isi nya bisa bermacam-macam. Dari hansaplast untuk luka kecil, obat pusing, kain kasa, minyak angin, gunting, betadine, dll. Tergantung dari yang bawa. Untuk awal bisa bawa obat atau perlengkapan yang sekira nya sering dipakai bila sakit. Misal sering sakit flu, ya bawa obat flu dan tissue / sapu tangan. Jangan lupa masker. Dimulai dari diri sendiri.


Ini juga salah satu barang yang rata2 tidak pernah bawa di tas. Manusia jaman now semua nya serba digital. Tapi notes dan pen sebenar nya berguna di kala darurat atau mau catat cepat. Untuk notes bisa cari yang kecil, seukuran kantong celana jeans belakang. Kalau bawa tas pinggang atau selempang bisa agak gedean notes nya. Tapi saya sendiri bawa yang kecil meskipun bawah tas selempang. 

Kalau sudah ada notes jangan lupa bawa juga pen. Nah, pen ini juga harus pinter milih nya. Jangan pilih pen tinta yang suka bocor. Soal nya kan ini hanya di pakai sekali2. Jadi harus cari pen yang bisa tahan lama tidak bocor. Jangan lupa di cek berkala pen nya masih nyata atau tidak. Kalau bisa sedia pensil juga. Sapa tau pen nya habis. Rautan darurat bisa pakai pisau lipat juga.


Botol minum juga penting untuk dibawa EDC. Guna nya banyak. Bisa untuk minum, mesin kepanasan, orang pingsan (ciprat2 air), cuci kaki, dll.

Botol minum ada berbagai macam kapasitas nya. Cukup disesuaikan aja sama kebutuhan sehari2. Misalkan kerja kantor, kalau perjalanan agak jauh dari rumah ke kantor. Trus kalau mau jalan2, mau ke gunung, liburan, dll.

Bawa botol minum juga bisa lebih irit loh. Dibanding beli minuman botol tiap hari. Apalagi kalau di kantor bisa isi ulang.

Nah yang terakhir ini juga penting nih. Tali temali. Tali nya bisa macem2. Bisa tali rafia, tali paracord, zip tie (yang buat ngerapihin kabel).

Guna nya tali buat apa? Untuk mengikat sesuatu. Kadang ada aja yang musti di iket. Mau itu kendaraan bermotor ada yang lepas, mau ikat kardus, dll.

Untuk tali rafia sih banyak ya di jual di warung2. Tali paracord banyak di jual online. Kalau mau cari tali paracord yang inner atau tali dalam nya ada 7. Soal nya emang udah aturan tidak tertulis kalau paracord inner nya 7 itu sangat kuat buat nahan beban. Untuk zip tie ini juga harus bawa dari yang kecil sampai yang agak panjang. Bawa nya juga jangan 1-2 biji. Tapi agak banyakan. Sedia payung sebelum hujan kan.

Kalau saya trik nya bawa zip tie beberapa trus diiket nya pakai karet gelang biasa. Jadi selain bawa zip tie, saya juga sekalian bawa karet gelang.

Sip dahh, udah 2 bagian selesai. Tinggal 1 artikel lagi yang mudah2an dalam waktu dekat (kalau ga males) di publish :)

No comments:

Post a Comment