ga('require', 'GTM-N5955P3'); TukangReview: Everyday Carry Yang Harus Ada Di Dalam Mobil

Wednesday, August 22, 2018

Everyday Carry Yang Harus Ada Di Dalam Mobil

Di bahasan kali ini kita bakal bahas apa aja yang perlu di bawa di dalam mobil. Mungkin ada beberapa orang yang punya mobil tapi suka lupa atau mungkin berpikir tidak perlu bawa. Tar kalo kejadian baru pusing sendiri. Lanjutt....


Yang pertama harus di bawa adalah sarung tangan. Mau sarung tangan dari plastik / sarung tangan kain juga terserah. Soal nya kadang pas mobil mogok kita perlu utak atik di bagian mesin sedikit (untuk yang ngerti). Nah di mesin itu kadang masih ada bagian2 kotor, oli, dll. Oli susah banget di hilangin di tangan. Apalagi kalau sudah pakaian rapih tapi kok tangan nya kotor.


First aid kit juga harus ada di setiap mobil. Buanyak sekali mobil yang ga ada first aid kit di dalam nya karena mungkin di pikiran yang punya mobil tidak perlu. Justru ini salah satu benda yang wajib ada loh. Harus ada obat2an pribadi terus betadine, kasa, dll. Biasa nya di apotik sudah ada first aid kit yang sudah jadi 1 paket. Atau mungkin nanti saya list di post berikut nya apa saja yang perlu di bawa.


Nah cable ties ini juga penting banget. Kadang ada bagian2 kecil di mobil yang perlu diikat dan pasti ga ada tali rafia di mobil. Cable ties ini berguna banget. Kuat, semi permanen, gampang di pasang / copot. Ada berbagai ukuran. Dari yang paling kecil sampai yang panjang banget. Bagus nya sedia semua ukuran.


Kabel jumper ini salah satu item penting juga di kala mogok. Jangan beli yang murahan ya. Beli mobil mahal kok safety nya murah. Di sesuaikan aja sama aki mobil. Ini ada artikel di kompas saat pasang jumper https://otomotif.kompas.com/read/2014/02/13/1759391/Hindari.Aki.Meledak.Saat.Pasang.Jumper.



Kit ban bocor juga penting di dalam mobil. Tapi kalau emang males ya tinggal ke bengkel aja pas ban bocor atau tambal ban pinggir jalan. 


Lampu cadangan mobil kadang perlu stok. Kalau ini sih buat saya lebih ke ekonomis ya. Beli lampu mobil pas lagi diskon. Jadi kalau ada kerusakan sudah ada cadangan nya.


Jaket / Baju / Celana ganti juga perlu di dalam mobil. Bawa aja 1 stel / 2 buat jaga2. Kita ga tau di jalan kehujanan, robek, dll. Daripada beli lagi kan mending bawa dari rumah.


Nah ini mah wajib di bawa. Multitools. Ga perlu mobil juga harus dibawa kemana2. Di dalam multitools sudah ada obeng, tang, pisau, gunting, gergaji, dll. Untuk emergency sangat berguna. Tapi kalau untuk bagian obeng / tool kit harus bawa yang khusus mobil ya. Obeng di multitools hanya untuk emergency saja.


Senter juga penting di dalam mobil. Ini salah satu barang yang jarang sekali ada di dalam mobil. Di pikiran yang punya mobil pasti karena sudah ada lampu di atap bagian dalam mobil. Tapi lampu nya kadang ga strategis buat nyari barang yang jatuh di bawah jok mobil. Apalagi kalau malam2 mogok kan buka kap mesin. Butuh penerangan kan. Jadi cari senter yang ada magnet jadi bisa di tempel / senter yang bisa digantung (ada tali nya) / senter kepala (senter yang ada tali pengikat buat di kepala)
  

Lakban is the best. Lakban disini bukan lakban hitam tapi duck tape. Lakban yang silver buat pipa itu loh. Yang di cari itu waterproof nya. Langsung cari aja di ace hardware / toko2 online duck tape. Lakban ini serbaguna. Kap mesin ga bisa nutup = duck tape. Bemper copot = duck tape. Kaca mobil pecah = tempel pake duck tape. Cuman kelemahan duck tape itu pas di lepas masih ketinggalan lem2 nya. Cara hilangin nya tinggal di gosok alkohol.

Diambil dari https://bornprepper.com/car-edc-kit-list/

No comments:

Post a Comment